EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM DENGAN MEDIA INTERAKTIF VIDEO TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMK

Moh Rizal Umami

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran flipped clasroom menggunakan media interaktif video terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian Quasi Experiment Design dan teknik sampling dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik Random Sampling. Adapun Samplenya siswa kelas XI multimedia sebagai kelas eksperimen, kelas XI Akutansi sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data adalah dengan uji validitas dan uji reabilitas. Uji hipotesis yang digunakan adalah anova satu jalan. Berdasarkan teori dan hasil analisis data disimpulkan bahwa terdapat pengaruh perbedaan antara penerapan model pembelajaran flipped classroom dengan menggunakan media interaktif video dan model pembelajaran konvensional terhadap pemahaman konsep matematis siswa SMK.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Aulia Rahman, “Implementasi CTL dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa,” Jurnal Pendidikan Matematika 1, no. 1 (2012): 24-29

Budiyono, (2015). Statistik Untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press.

Daryanto, (2012). Media pembelajaran., Bandung: CV.Yrama Widya

Fradila Yulietri dan Mulyoto Mulyoto, “Model Flipped Classroom dan Discovery Learning Pengaruhnya Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Kemandirian Belajar,” Teknodika 13, no. 2 (2015): 6.

Hamdani, (2011). Strategi Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Isjoni, (2011). Cooperatif Learning. Bansung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto, (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono, (2012). Metode Penenlitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Trianto, Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi, Dan Implementsinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidkan(KTSP), (Jakarta: PT Bumi Aksara, Cet ke-4, 2012): 52.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 GEOMATH