PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MICROSOFT OFFICE POWERPOINT INTERAKTIF

egi adha juniawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk untuk menarik minat belajar mahasiswa dan layak digunakan dalam proses perkuliahan pada matakuliah statistika elementer terutama pada materi notasi sigma dan ukuran pemusatan. Metode penelitian ini menggunakan Research and Development dengan pendekatan ADDIE sampai tahap implementation. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi pendidikan matematika STKIP La Tansa Mashiro semester 3 yang mengambil matakuliah statistika elementer, dan objek penelitiannya adalah media pembelajaran yang dikembangkan berbasis Microsoft office powerpoint. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket untuk validasi ahli baik ahli materi, ahli bahasa, dan ahli media serta angket untuk ujicoba pada kelompok kecil dan besar. Hasil dari penelitian ini adalah media pembelajaran berbasis Microsoft office powerpoint layak digunakan dalam perkuliahan terutama pada materi notasi sigma dan ukuran pemusatan.

Full Text:

PDF

References


Astini, N.K.S. 2020. “Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Tingkat Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19”. Lampuhyang, Vol 11(2), pp: 13-25

Marfuah, S., Zulkardi., Aisyah, N. 2016. “Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Powerpoint Disertai Visual Basic For Application Materi Jarak Pada Bangun Ruang Kelas X”. Jurnal Gantang Pendidikan Matematika FKIP – UMRAH, Vol 1(1)

Marianda, G. 2014. “Rancang Bangun Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Konsep Gaya Pada Mata Pelajaran Fisika SMP Kelas VIII”. Jurnal Rekursif, Vol 2(2)

Masykur, Rubhan, 2017, “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash”, Al-Jabara Jurnal Pendidikan Matematika, Vol 8(2)

Novitasari, D. 2016. “Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa”. Fibonnaci, Vol 2(2), pp: 8-18.

Nurlatifah, A. 2015. “Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Microsoft Office Power Point Interaktif Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Ngrukeman Kasihan Bantul”. Repository Universitas PGRI Yogyakarta

Pengelola Web Kemendikbud. 2020. Kemendikbud Imbau Pendidik Hadirkan Belajar Menyenangkan Bagi Daerah yang Terapkan Belajar di Rumah. www.Kemendikbud.go.Id.https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/202 0/03/kemendikbud-imbaupendidik-hadirkanbelajarmenyenangkabagi-daerahyangterapkan-belajar-di-rumah

Sunarni, S. 2016. “Pengembangan Media Pembelajaran Power Point Berbasis Sparkol Pada Pokok Bahasan Perumusan Dasar Negara Pada Mata Pelajaran PKN”. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS (JPPI), Vol 10(3)

Suprapti, E. 2016. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model Kooperatif Tipe Stad Dengan Media Powerpoint Ispring Pada Materi Jajargenjang, Layang-Layang, Dan Trapesium Di Kelas VII SMP”. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, Vol 1(1), pp: 57-68

Ula, I. R., & Fadila, A. 2018. “Pengembangan E-Modul Berbasis Learning Content Development System Pokok Bahasan Pola Bilangan SMP”. Desimal: Jurnal Matematika, Vol 1(2), pp: 201.

Wicaksono, S. 2016. “The Development Of Interactive Multimedia Based Learning Using Macromedia Flash 8 In Accounting Course”. Journal of Accounting and Business Education, Vol 1(1)

Widoyoko, E.P. 2009. “Evaluasi Program Pembelajaran (Panduan Praktis bagi Pendidik dan Calon Pendidik)”. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 GEOMATH