PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF DAN SELF REGULATED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA

Syahrul Anwar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran generatif terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa, ditinjau dari siswa kategori self-regulated learning (tinggi, sedang, rendah). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Darul Fikri Pandeglang, sampel dipilih dua kelas secara acak, yaitu kelas XI RPL sebagai kelas eksperimen, dan kelas XI TSM sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan melaui tes dan non tes. Tes berupa 4 soal pemahaman matematis, sedangkan non tes berupa soal angket self-regulated learning. Pretest diberikan sebagai tes awal sebelum perlakuan model pembelajaran generatif, sedangkan posttes dilakukan setelah diberikan perlakuan model pembelajaran generatif.  Hasil yang diperoleh setelah proses pembelajaran dengan model pembelajaran generatif dan self regulated learning terlihat adanya pengaruh yang signifikan terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model model pembelajaran generatif dan self-regulated learning berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa.

Full Text:

PDF

References


Arends, R.I. (2008). Learning to Teach: Belajar untuk Mengajar. Buku Dua. (Penerjemah: Helly Prayitno Soetjipto dan Sri Mulyantini Soetjipto). Yokyakarta: Pustaka Pelajar.

Asikin, M., & Junaidi. (2013). Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa SMP dalam Setting Pembelajaran RME (Realistics Mathematics Education) https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer/article/view/1483 diakses, 05 Desember 2020

Hakim, A.R. (2014) . Pengaruh Model Pembelajaran Generatif terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika . http://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/viewFile/155/149,

Ibrahim, M. & Nur, M. (2002). Pengajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: Unesa Univesity Press.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung : PT Refika Aditama.

Lestari, K. E & Ridwan, M. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung : Refika Aditiama.

Lusiana, Yusuf, H., & Saleh, T. (2009). Penerapan Model Pembelajaran Generatif (MPG) Untuk Pelajaran Matematika di Kelas X SMA Negeri 8 Palembang. Jurnal Pendidikan Matametika Volume 3. No. 2 Desember 2009. Diakses 06 Desember 2020

Mawaddah, S., Janah, R. (2016). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dengan Model Pembelajaran Quantum Teaching Di Kelas XI SMA. EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, 4 nomor 2.

Minarni, A. (2013). “Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis dan Keterampilan SosialSiswa SMP Negeri di Kota Bandung”. Paradikma Jurnal Pendidikan Matematika,Vol 6 nomor 2, Hal 162 – 174. (Diakses tanggal 5 Maret 2020).

National Council of Teacher of Mathematics (NCTM). (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston, VA: NCTM

Prayitno,S., Suwarsono, dan Tatag. 2013. Komunikasi Matematis Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berjenjang Ditinjau Dari Perbedaan Gender. Seminar nasional Matematika dan Pendidikan matematika. ISBN : 978 – 979 – 16353 – 9 – 4. Disajikan di eprints.uny.ac.id.pdf. Diakses 01 Desember 2020.

Riyanto, Y. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan. Surbaya : SIC

Rusman (2011). Model – Model Pembelajaran, Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta : Rajawali Pers.

Sugandi, Achmad. (2000). Belajar dan pembelajaran Semarang : IKIP PRESS.

Sugiono (2008). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R dan D. Bandung : Alfabeta.

Sanjaya, W. (2014).Strategi pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada Media.

Santrock, J.W. (2008). Psikologi Pendidikan. Jakarta : Media Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 GEOMATH