PENGARUH METODE PEMBELAJARAN JARIMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK

muahor Zakaria

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya minat belajar matematika dan akhirnya hasil belajar matematika kurang optimal. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan peserta didik kelas III SDIT AL MUMTAZ Tangerang yang berjumlah 42 peserta didik dengan sampel yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas II A sebanyak 21 peserta sebagai kelas eksperimen dan kelas II B sebanyak 21 peserta sebagai kelas kontrol. Untuk teknik sampling dalam penelitian ini adalah teknik sampling jenuh (total sampling), Teknik ini ialah teknik penentuan sampel dengan sasaran penelitiannya adalah seluruh anggota populasi karena jumlah respondennya terlalu kecil atau jumlahnya kurang dari 100 orang. Data yang bersifat kuantitatif ini di analisis dengan menggunakan rumus statistik yaitu uji T. Penelitian memberikan kesimpulan sebagai berikut: 1) terdapat pengaruh yang signifikan dari metode pembelajaran jarimatika terhadap hasil belajar peserta didik kelas kelas III SDIT AL MUMTAZ Tangerang, 2) berdasarkan nilai rata-rata peserta didik kelas eksperimen yaitu 88,62 dan nilai rata-rata kelas kontrol 78,86, dapat diketahui besarnya pengaruh metodeĀ  pembelajaran jarimatika terhadap hasil belajar peserta didik kelas kelas III SDIT AL MUMTAZ Tangerang sebesar 12,37%.

Full Text:

PDF

References


Agus Nggermanto. (2011). Keci-kecil Jago Matematika. Bandung: Super Kids Publishing.

Arisandi Setyono. (2007). Mathemagics cara Jenius Belajar Matematik. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Binti Maunah. (2009). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: TERAS.

Erman Suherman, et. all. (2006). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Herman Hudojo. (2001). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: Universitas Negeri Malang.

Markaban. (2006). Model Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Penemuan Terbimbing. Yogyakarta: Diktat Tidak Diterbitkan.

Moch. Masykur dan Abdul Halim Fathani. (2008). Mathematical Intellegece: Cara Cerdas Melatih Otak dan Menanggulangi Kesulitan Belajar . Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Muhibbin Syah. (2003). Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Slameto. (1991). Proses Belajar Mengajar Dalam Sistem Kredit Semester (SKS). Jakarta: Bumi Aksara.

Sudarmadji. (2008). Belajar Mudah Matematika dengan Jari Tangan untuk TK. Yogyakarta: PGTKI Press.

Sukardi. (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 GEOMATH