PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA SMA MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA KONSEP EKOSITEM

jajang miharja

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa pengaruh Metode demonstrasi terhadap hasil belajar siswa pada konsep ekosistem yang diharapkan memberikan manfaat positif terhadap pencapaian hasil belajar siswa. Metode menggunakan metode eksperimen dengan desain Pre Eksperimen desain. Sampel dalam penelitian ini di dasarkan pada metode purposive sampling dengan sampel yaitu 30 siswa yang terdiri dari siswa  kelas X.I. Pendekatan penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif. Teknik analisis data menggunakan uji-t, melalui spss 18 Windows. Berdasarkan penelitian di dapatkan uji hipotesis (Sig. 2 tailed) dengan taraf signifikansi 0,05 dari Posstest yaitu 0,000 < 0,05 maka H: µ>  µ2   dengan t-hitung -17,638  <  t-tabel -2.045  artinya  Terdapat pengaruh yang signifikan antara skor pre-test dan post-test  kelas eksperimen menggunakan metode demonstrasi. Gain yang di dapatkan adalah sebesar 0,66 artinya siswa kelas X.I memiliki peningkatan secara kognitif sedang. Sehingga  penulis menyimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode demonstrasi pada konsep ekosistem.


Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar. (2009) Prosedur penelitian: Suatu pendekatan Praktik. Edisi Revisi VI. Jakarta : Rineka Cipta.

Dimyati dan Mudjiono (2006).Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : RINEKA CIPTA

Fajarudin et al (2017) Efektifitas metode Demonstrasi terhadap prestasi belajar pada matapelajaran alat dan mesin pertanian siswa kelas X SMK negeri 6 Takalar. Jurnal pendidikan tekhnologi pertanian. Vol. 3 ; S10-S18

Priyanto, Dwi. (2014) SPSS 22 Pengolahan Data Terpraktis. Yogyakarta: ANDI OFFSET

Rohendi,D., Sutarno, H., & Ginanjar, A.M .( 2010) Efektipitas Metode Pembelajaran Demonstrasi Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Matapelajaran Keterampilan Computer Dan Pengolahan Informasi Di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Tekhnologi Informasi Dan Komunokasi (PTIK). 3 (1):16

Saputra dan Priyanto (2016) penerapan metode demonstrasi dan media Film untuk meningkatkan keaktifan dalam pembelajaran dan prestasi belajar sistem REM. Jurnal Taman Vokasi: Vol 04 : 2

Schmidt, R.A dan Wrisberg, C.A. (2000). Motor Learning and Performance. United States: Human Kinetics.

Sugiono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: alfabeta

Trisnawaty Fikria dan Slamteo (2017) Peningkatan Hasil Belajar IPA melalui penggunaan metode Demonstrasi Pada Siswa SD. Jurnal Satya Widya : Vol: 33 No: 1 : 37-44


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 PERENNIAL : Jurnal Pendidikan Biologi dan Biologi