PENGGUNAAN MODEL SIKLUS BELAJAR TIPE EMPIRIS INDUKTIF PADA KONSEP TRANSPORTASI TUMBUHAN

Dadan Herdiana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai bagaimana penggunaan siklus belajar tipe empiris induktif terhadap penguasaan konsep dan respon siswa SMA pada pembelajaran transportasi tumbuhan. Penelitian ini menggunakan desain pre-test post-test control group design. Penelitian ini dilakukan di salah satu SMA yang terdapat di Kabupaten Majalengka. Sampel penelitian menggunakan dua kelas XI yang telah dipilih sebagai secara random. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data berupa soal pilihan ganda dan angket. Data diuji dengan menggunakan uji hipotesis dua pembeda (U Mann-Whitney). Dari hasil pengolahan dan analisis didapatkan bahwa perbandingan antara gain kelas eksperimen (32.82) dan kelas kontrol (19.33) berbeda signifikan. Haasil angket yang dibagikan kepada siswa mengungkapkan bahwa hampir seluruh siswa merasa senang pada pembelajaran transportasi tumbuhan  dengan menggunakan siklus belajar tipe empiris induktif  (94,8%).

Keywords


Siklus belajar tipe empiris induktif, Penguasaan Konsep, Transportasi tumbuhan.

Full Text:

PDF

References


Anwar, S. (2004). Reduksi Didaktik (didaktische Reduction) Bahan Perkuliahan Pasca Sarjana. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia

Dahar, R. W. (1996). Teori-Teori Belajar. Jakarta: Erlangga

Fraenkel, J.R and Wallen, N.E (2009) How To Design and Evaluate Reseach in Education. New York : The McGraw-Hill Companies

Rustaman, N. (2000). “Konstriktivisme dan Pembelajaran IPA/Biologi”. Makalah pada Seminar/Lokakarya Guru-guru IPA SLTP Sekolah Swasta, Bandung.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta

Sudiatmika. A. (2006). “Pengembangan Konsepsi Siswa Kelas 1 SLTP Dalam Pembelajaran Fisika”. Jurnal Pendidikan. Nomor : 4

Suparno, P. (2005). “Konstruktivisme, Konsepsi Alternatif, dan Perubahan Konseptual dalam Pendidikan IPA”. Jurnal Pendidikan Dasar. Nomor : 10

Syamsudin, A. (2005). Psikologi Pendidikan dan Bimbingan. Bandung : Rosdakarya

Tekayya, C., Ozkan, O and Sungur, S. (2001). “Biology Concepts Perceived as Difficult by Turkish high School Students”. Journal of Education 21:145-150

Wingkel, W.S. (2007). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Jakarta : Gramedia


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 PERENNIAL : Jurnal Pendidikan Biologi dan Biologi